Apa Itu Asuransi? – Mengenal Asuransi

Seperti kita ketahui salah satu cara pencegahan risiko adalah dengan mengasuransikan risiko kepada perusahaan asuransi. Metode ini dianggap sebagai metode yang paling penting dalam menangani risiko. Karena itu banyak orang berpikir bahwa manajemen risiko sama dengan asuransi. Padahal keadaan sebenarnya tidak demikian.

Asuransi berarti transaksi asuransi, yang melibatkan dua pihak, tertanggung dan penanggung. Jika entitas asuransi menjamin orang yang diasuransikan, bahwa ia akan diganti untuk kerugian yang mungkin dideritanya, sebagai akibat dari suatu peristiwa yang tidak perlu terjadi atau yang tidak dapat ditentukan kapan atau kapan itu terjadi. Sebagai tertanggung dalam kewajiban membayar sejumlah uang kepada penanggung, jumlah proporsi dari uang pertanggungan, yang biasa disebut “premium”.

Dilihat dari beberapa sudut, asuransi memiliki berbagai tujuan dan teknik pemisahan, antara lain:

A. Dari perspektif ekonomi, maka:
Target:
Mengurangi ketidakpastian hasil operasi yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan untuk memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan.

Teknik:
Dengan mentransfer risiko ke pihak lain dan pihak lain menggabungkan sejumlah besar risiko, sehingga dapat diperkirakan dengan lebih tepat besarnya kemungkinan kerugian.

B. Dari segi Hukum, maka:
Target:
Mentransfer risiko yang dihadapi oleh suatu objek atau aktivitas bisnis ke pihak lain.

Teknik:
Melalui pembayaran premi oleh tertanggung kepada penanggung dalam kontrak ganti rugi (polis asuransi), maka risiko ditransfer ke penanggung.

C. Dalam hal Perdagangan, maka:
Target:
Bagikan risiko yang dihadapi kepada semua peserta program asuransi.

Teknik:
Risiko yang ditransfer dari individu / perusahaan ke lembaga keuangan yang terlibat dalam manajemen risiko (perusahaan asuransi), yang akan membagikan risiko tersebut kepada semua peserta asuransi yang ditangani.

D. Dari sudut pandang masyarakat, maka:
Target:
Membawa kerugian bersama di antara semua peserta program asuransi.

Teknik:
Semua anggota kelompok (anggota kelompok) dari program asuransi berkontribusi (dalam bentuk premi) untuk bersimpati atas kerugian yang diderita oleh / sebagian anggotanya.

E. Dalam hal Matematika, maka:
Target:
Memprediksi besarnya kemungkinan risiko dan hasil perkiraan digunakan untuk membagi risiko kepada semua peserta (kelompok peserta) program asuransi.

Teknik:
Menghitung probabilitas berdasarkan teori probabilitas (“Teori Probabilitas”), yang dilakukan oleh aktuaris dan juga oleh penjamin emisi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>